Kenali dan Pahami Cara Mengatur Waktu Bermain Game !

Bermain ps, nintendo switch, pc, x-box dan sebagai nya memang sangat menyenangkan, tetapi bermain games jika berlebihan akan menimbulkan efek yang kurang bagus bagi kebiasaan tubuh dan mental kita. kecanduan video game adalah gangguan kontrol impuls klinis. Menurut psikiater Michael Brody, MD, kriteria untuk kecanduan video game adalah sama dengan kecanduan suatu zat. Dalam kedua kasus tersebut, orang tersebut membutuhkan lebih banyak sumber seiring berjalannya waktu dan menjadi mudah tersinggung dan sedih ketika mereka tidak dapat mengaksesnya. Bahkan, pecandu video game bahkan dapat mengalami gejala penarikan.


Petunjuk lain bahwa seseorang kecanduan video game, menurut para peneliti di Kansas State University, adalah bahwa mereka dapat memainkan video game untuk mengubah suasana hati mereka.

Sementara kerugian dalam kecanduan zat terlihat jelas dalam gejala fisik, seringkali tidak begitu jelas dengan kecanduan video game. Namun, kecanduan video game dapat memengaruhi kehidupan secara negatif dengan cara yang sama seperti kecanduan narkoba. Mereka yang bermain berjam-jam setiap hari menjadi tertarik dan terisolasi, meninggalkan pekerjaan, sekolah, dan tanggung jawab lainnya untuk bermain. Pecandu yang lebih muda sering melewatkan pendidikan kritis dan perkembangan sosial yang penting, sementara orang dewasa cenderung mengalami hubungan dan masalah yang memburuk dengan majikan mereka.

Efek fisik dari kecanduan video game termasuk kebersihan pribadi yang buruk, gangguan hormonal dari kurang tidur, dan apa yang disebut American Physical Therapy Association sebagai ibu jari video gamer, cedera penggunaan berulang yang ditandai dengan tendonitis dan pembengkakan. Banyak pemain yang kecanduan menambah berat badan sebagai akibat dari gaya hidup mereka yang menetap dan kecenderungan untuk meraih makanan dan minuman olahan berkalori tinggi.

Beberapa ahli memperingatkan bahwa bermain game yang berlebihan bahkan bisa berakibat fatal. Seorang ahli kecanduan teknologi di Seattle mengatakan dia telah mengenal orang-orang yang telah meninggal karena serangan jantung dan pembekuan darah, keduanya merupakan hasil dari gaya hidup tidak sehat yang dijalani banyak gamer ekstrem.

Tanda-tanda peringatan kecanduan video game meliputi:

  1. Bermain game untuk menghindari situasi kehidupan yang sulit
  2. Bermain untuk periode yang lebih lama seiring berjalannya waktu
  3. Melewatkan mandi dan makan untuk bermain
  4. Kinerja buruk di tempat kerja atau sekolah
  5. Berbohong kepada orang lain untuk menyembunyikan aktivitas bermain game
  6. Menunjukkan tanda-tanda iritasi ketika dipaksa untuk berhenti bermain game
Meskipun American Psychological Association belum mengklasifikasikan kecanduan video game sebagai penyakit mental, banyak ahli berpendapat bahwa tanda-tanda dan gejala dari masalah ini mirip dengan gangguan kompulsif seperti perjudian dan kecanduan seks.

Jika Anda atau seseorang yang Anda pedulikan membutuhkan bantuan dalam mengatasi kecanduan video game, hubungi kami hari ini.

Apa Penyebab Kecanduan Video Game?

Para peneliti tidak yakin apa yang menyebabkan kecanduan video game; Namun, beberapa ahli percaya bahwa peningkatan kadar dopamin berkontribusi besar terhadap masalah tersebut. Dopamin neurotransmitter bekerja di pusat penghargaan otak. Ini dirilis selama kegiatan kebanyakan orang menemukan kesenangan, termasuk makan dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Terapis melihat semua kecanduan berfungsi pada dasarnya dengan cara yang sama. Dalam kasus kecanduan non-substansi, seperti kecanduan seks, perjudian, dan permainan, perilaku tersebut menggantikan substansi. Tindakan bermain menghasilkan perasaan senang, yang memastikan pecandu akan mengulangi tindakan sesering mungkin.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan oleh CBC News pada bulan April 2013, seorang ahli kecanduan game mengatakan mereka yang memiliki gangguan kepribadian atau cacat tertentu memiliki risiko lebih besar daripada yang lain. Dia mencatat bahwa orang yang menderita gangguan perhatian hiperaktif dan Asperger sangat rentan terhadap kecanduan game.

Mereka yang mempelajari kecanduan video game juga percaya bahwa masalahnya memiliki komponen psikologis. Mereka berpendapat bahwa gamer kompulsif mundur ke dunia fantasi untuk melarikan diri dari masalah kehidupan nyata dan emosi yang tidak menyenangkan. Menurut sebuah laporan baru-baru ini, 41 persen dari mereka yang bermain video game online mengindikasikan bahwa mereka ingin melarikan diri dari kenyataan.

Staf di pusat perawatan yang dirancang untuk membantu pecandu video game memahami penyebab masalah yang mendasarinya dan siap untuk membantu. Hubungi kami di untuk mengetahui bagaimana kami dapat membantu Anda atau orang yang Anda cintai mengatasi kecanduan ini.

Apakah Ada Obat untuk Kecanduan Video Game?

Perawatan untuk kecanduan video game mirip dengan kecanduan lainnya. Konseling dan modifikasi perilaku adalah cara utama merawat gamer yang kecanduan. Bersama-sama, konseling individu dan keluarga adalah alat perawatan yang kuat. Beberapa fasilitas perawatan memasukkan obat dalam program mereka.

Namun, tidak seperti narkoba atau alkohol, permainan video terikat pada komputer, yang merupakan bagian penting kehidupan bagi kebanyakan orang. Dengan cara itu, kecanduannya mirip dengan kecanduan makanan. Akibatnya, beberapa pusat perawatan mengeksplorasi penggunaan terkontrol daripada pantang.

Tidak ada obat untuk kecanduan video game secara keseluruhan. Seperti halnya kecanduan alkohol dan kecanduan narkoba, kuncinya adalah memasuki pengobatan dan tetap sadar akan pemicu sambil terus berpartisipasi dalam kelompok pemulihan, seperti Online Gamers Anonymous.

Terapi untuk Kecanduan Video Game

Penelitian tentang perawatan untuk kecanduan video game sedang berlangsung, tetapi beberapa uji Penelitian tentang perawatan untuk kecanduan video game sedang berlangsung, tetapi beberapa uji klinis telah dilakukan sehubungan dengan masalah tersebut. Para ahli sepakat bahwa perawatan yang sama digunakan untuk penderita kecanduan lainnya tampaknya bekerja untuk pecandu video game. Akibatnya, mereka umumnya merekomendasikan konseling dan psikoterapi, terapi perilaku kognitif, program 12-langkah dan pengobatan, baik secara individu atau dalam kombinasi dengan metode pengobatan lainnya.

Konseling satu-satu dan konseling keluarga keduanya efektif dalam merawat seorang pecandu game. Psikoterapis berusaha membantu pecandu memahami bagaimana game terkait dengan sekolah atau pekerjaan mereka, emosi dan suasana hati, dan tujuan hidup dan penghargaan.

Terkait dengan program 12 langkah, sumber daya utama yang tersedia adalah Online Gamers Anonymous, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 2002.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama